Manfaat Ikan Uceng Untuk Kesehtan

Manfaat Ikan Uceng Untuk Kesehtan
========================================






Ikan Uceng adalah ikan kecil yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan endemik di perairan Karesidenan Banyumas. Ikan ini kerap dijadikan sebagai oleh-oleh khas Temanggung. Uceng memiliki tubuh kecil, ramping dan memanjang. Panjang tubuh maksimalnya hanya 10 cm saja. Uceng memiliki nama latin Nemacheilus Fasciatus. Saat ini budidaya Uceng masih jarang. Tangkapannya mengandalkan cara alami dengan jaring, pancing, maupun bubu oleh para nelayan.

Ikan Uceng menyukai habibat sungai yang mengalir deras dengan banyak bebatuan sebagai tempat berlindung. Konon di kalangan para pemancing, ikan ini cukup susah ditangkap karena ukuran tubuhnya kecil. Oleh karena itu harganya pun mahal. Namun di balik ini semua, ternyata ikan Uceng memiliki manfaat untuk kesehatan, sebagai berikut:






1. Mendukung Kesejahteraan Fisik dan Ekonomi

Meskipun harga ikan uceng dibilang mahal tetapi tetap laris, ini sangat menguntungkan penangkap ikan dan penjual. Uceng mahal karena penangkapannya yang susah.  Harga uceng setelah digoreng akan menjadi Rp.250.000/kg, sedangkan mentahnya kurang lebih Rp100.00. Konon kunci dari kesejahteraan adalah ekonomi mapan. Kunci dari kesehatan adalah ekonomi mapan. Dengan bisnis budidaya Uceng, anda akan memperoleh kesejahteraan itu.


2. Ikan Uceng Mengandung Zat Besi

Zat besi merupakan zat pembangun tubuh yang penting dan dibutuhkan dalam produksi hemoglobin, komponen sel darah merah yang kemudian membawa oksigen kepada seluruh tubuh. Zatini adalah bagian dari mioglobin, yang berfungsi untuk membantu menyimpan oksigen di otot. Orang yang kekurangan zat besi akan mudah merasa lelah, hal ini karena tubuh mereka kelaparan oksigen. Tahukah anda bahwa ikan uceng mengandung zat besi?

3. Manfaat Ikan Uceng untuk Membantu Regenerasi Sel

Regenerasi adalah menumbuhkan kembali bagian tubuh yang rusak atau lepas. Dan regenerasi sel yaitu di mana tiap potongan sel dalam tubuh dapat tumbuh menjadi individu baru yang sempurna. Untuk itu anda perlu tahu ikan uceng dapat berfungsi dan khasiat membantu regenerasi sel.

4. Menurunkan Kadar Trigliserida

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak utama yang mengalir di dalam darah manusia. Jika terlalu banyak, trigliserida maka akan menumpuk pada bagian-bagian tubuh seperti dinding pembuluh darah dan hati. Untuk itu cobalah khasiat ikan uceng.

5. Ikan Uceng untuk Menambah Vitamin B Kompleks

Vitamin B bekerja saling bersinergi, antara jenis yang satu dan jenis yang lain. Jadi kekurangan dari salah satu dari vitamin dapat menyebabkan ketidakseimbangan. Ikan uceng berkhasiat mampu menambah vitamin B kompleks. Vitamin ini terdiri dari : B1(thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5(pantothenic acid/asam pantotenat), B6(pyridoxamine), B9 (folic acid/asam folat), B12(cyanocob), B7 (biotin), Kolin dan inositol. Vitamin ini semuanya diperlukan untuk fungsi untuk semua proses dalam tubuh.

6. Mengandung Sodium

Ikan uceng mengandung sodium. Sodium itu sendiri merupakan elemen dan juga komponen elektrolit serta garam yang membantu dalam mengatur keseimbangan cairan sel. Supaya tubuh tetap fit maka keseimbagan cairan selnya harus terjaga.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh sangat penting bagi tubuh manusia agar tidak mudah sakit. Jika manusia tidak mempunyai kekebalan tubuh maka akan mudah terserang penyakit. Ikan uceng dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena di dalam ikan tersebut mengandung protein yang tinggi, dan vitamin A yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

8. Manfaat Ikan Uceng Mengandung Kalsium

Kalsium dibutuhkan oleh tubuh sebab dapat memperkuat tulang dan gigi, membantu memperbaiki tulang yang keropos. Tidak hanya terdapat dalam susu saja kandungan kalsium dapat ditemukan, tetapi di dalam ikan uceng juga terdapat kandungan kalsiumnya.

9. Kaya Akan Mineral

Mineral dapat di simpan dalam berbagai jaringan pada seluruh tubuh manusia. Beberapa jenis mineral perlu tetap dalam aliran darah guna menjaga keseimbangan dan juga fungsi cairan tubuh. Mineral yang yang terdapat dalam ikan uceng antara lain seperti kalsium, zat besi, magnesium dan sodium disimpan dalam tulang. Selain itu, zat besi dan banyak jenis mineral lainnya yang disimpan dalam hati.

10. Membantu Mencegah Penyakit

Ikan uceng berkhasiat dapat membantu mencegah penyakit, karena di dalam ikan tersebut terkandung omega 3. Kandungan omega 3 tersebut mampu mengurangi dan bahkan menyembuhkan penderita osteoarthritis serta dapat mempengaruhi proses biokimia penyakit sehingga tidak hanya akan membantu mencegah penyakit, tetapi juga memperlambat perkembangannya.

Komentar